Rambut Gembel Purification

Didataran tinggi dieng memiliki hal unik yang jika anda mendengarnya mungkin bisa mengelus perut anda sendiri. Hal unik itu terjadi di beberapa desa di dataran tinggi dieng, yaitu anak kecil yang berambut gembel dari mulai berumur 40 hari sampai berumur 6 tahun.

Rambut gembel tersebut baru akan bisa hilang ketika anak tersebut mempunyai keinginan untuk mencukurnya. Tapi jika anak tersebut belum mempunyai keinginan untuk mencukur rambutnya, dari pihak orang tua berniat untuk mencukur biasanya anak tersebut akan sakit-sakitan.

Banyak yang bertanya-tanya akan hal ini, kenapa bisa terjadi. Yang jelas banyak yang bilang bahwa dieng itu penuh dengan aura mistik yang tidak akan saya jelaskan disini. Soalnya saya sendiri tidak tahu, dan saya tidak mau menjadi orang yang sok tahu.

Biasanya untuk bisa menghilangkan rambut gembel tersebut, yang pertama dari keinginan sianak untuk mencukur rambutnya. Setelah sianak mempunyai keinginan mencukur rambut gembelnya, akan diadakan suatu ruwatan untuk menghilankan rambut gembel tersebut.

Dan biasanya ketika upacara rambut gembel berlangsung, sebelumnya si anak tersebut mempunyai suatu keinginan, biasanya dalam bentuk fisik (ingin mempunyai suatu barang yang di sukai, ex:maenan) dan masih banyak lagi keinginan lainnya. Jika hal tersebut tidak di penuhi, biasanya anak tersebut akan kembali sakit-sakitan.

Cukup aneh ya, tapi itu lah adat/budaya…..

Leave a comment

  • Visitors

    free counters
  • Blog Stats

    • 17,258 hits