Pesona Tlaga Menjer

Telaga Menjer adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Tlaga ini terletak di desa Maron Kec. Garung Wonosobo. Dinamakan telaga menjer karena desa Maron merupakan desa baru yang dulunya termasuk dalam wilayah desa menjer.

Sebelum pemerintahan Belanda, air yang ada di dalam telaga hanya memanfaatkan beberapa sumber mata air dan diperlukan curah hujan yang cukup tinggi. Dengan diadakannya pembangunan PLTA di desa Garung, akhirnya sebagian aliran sungai serayu di bendung untuk dialirkan ke telaga dari Desa Jengkol kira-kira 7 Km melalu terowongan bawah tanah.

menjer

Untuk mencapai telaga ini dari Kota Wonosobo ke arah utara menuju Dieng. Di sebelah kiri jalan di Desa Garung nanti akan ada gapura bertuliskan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Garung. Perjalanan dilanjutkan terus sampai menemui sebuah pipa besar dengan diameter mencapai ± 3m yang bisa digunakan sebagai penunjuk jalan ke arah telaga. Telaga Menjer Berada pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, telaga menepati area cekungan seluas 70 hektar dengan kedalaman air mencapai 45 meter. Biasanya pada musim kemarau air telaga akan rob higga 20 meter.

Comments
2 Responses to “Pesona Tlaga Menjer”
  1. TripID says:

    Kalo batu ratapan angin sejarahnya gmn gan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visitors

    free counters
  • Blog Stats

    • 11,884 hits
%d bloggers like this: